Suatu Hari dalam Kehidupan Doula

Suatu Hari dalam Kehidupan Doula

Doula kelahiran adalah seorang wanita yang menemani calon orang tua dalam perjalanan mereka melalui persalinan dan kelahiran. Dia ada di sana untuk memberikan dukungan emosi , fisik, dan informasi yang berkelanjutan kepada ibu dan pasangannya. Tapi apa yang sebenarnya dilakukan seorang doula? Baca terus untuk mencari tahu!

Suatu Hari dalam Kehidupan Doula

Ini 09:58, dan saya tepat waktu untuk wawancara doula saya. Aku memicingkan mata ke tanda jalan, dan menyadari bahwa aku berada di tempat yang tepat. Saya masuk, menarik napas dalam-dalam, dan mengunci pintu mobil. Bertemu klien potensial selalu sulit, tetapi saya sangat gugup tentang yang satu ini – ini adalah penempatan sukarela, untuk keluarga berpenghasilan rendah dan imigran baru. Saya harap kami akan dapat terhubung, meskipun ada kendala bahasa.

Suaminya menyapaku di pintu. Apartemen itu berbau lembap dan apak, dan meskipun di luar ada sinar matahari yang indah, hanya sedikit cahaya yang bersinar melalui jendela yang tertutup. Seorang gadis muda mengintip dari belakang kaki ayah, dan tersenyum malu padaku.

Selama satu jam berikutnya, saya dipenuhi dengan belas kasihan untuk pasangan muda ini. Sang ibu telah berjuang melalui kehamilan yang menyakitkan dan sulit, hanya untuk baru-baru ini mengetahui bahwa dia akan memerlukan operasi caesar terjadwal. Kami berbicara panjang lebar tentang kelahiran caesar, dan saya pergi dengan harapan saya telah menenangkan beberapa kecemasannya. Bagaimana dia akan mengatasi putrinya jika dia pulih dari operasi perut? Apa yang akan dia lakukan jika tidak ada teman atau keluarga untuk membantu pemulihannya? Saya khawatir tentang hal-hal ini dalam perjalanan pulang.

Sekarang jam 10 malam, dan saya hangat dan nyaman di tempat tidur dengan buku yang bagus. Tiba-tiba ponselku berdering. Aku menghela nafas, tahu tidur malam yang kuantisipasi baru saja keluar dari jendela.

“Saya pikir saya mungkin akan melahirkan,” kata klien saya.

Kami berbicara tentang kontraksi dan sakit punggung yang dia alami, dan saya mengkonfirmasi apa yang dia yakini – bahwa dia dalam persalinan dini. Saya bertanya bagaimana dia mengatasinya, dan dia berkata bahwa dia hanya merasakan sedikit rasa sakit, hanya sedikit ketidaknyamanan. Saya sarankan dia mencoba mandi air hangat untuk memperlambat kontraksi, yang dapat membantunya tidur beberapa jam.

Saya menutup telepon dan saya dan suami membahas perubahan rutinitas pagi kami. Dia perlu memberi tahu pekerjaan bahwa dia akan terlambat, dan dia harus mengantar putriku ke penitipan anak. Saya memastikan tas doula saya penuh dengan semua yang saya butuhkan, dan kemudian saya mencoba untuk beristirahat.

Pada 2:30, mitra klien saya menelepon kembali. Klien saya tidak bisa tidur, dan tidak bisa lagi mengatasi kontraksi dengan baik. Dia bertanya apakah saya bisa datang ke rumah mereka. Aku melempar ketel, lalu segera berpakaian dan menggosok gigi. Udara malam yang sejuk membangunkan saya, dan segera adrenalin yang saya butuhkan mengalir.

Di rumah, klien saya berbaring di tempat tidurnya dan mengerang melalui kontraksi. Saya sarankan kita bangun dan mencoba mandi sebentar. Air hangat membantunya untuk rileks, dan segera dia dalam ritme yang bagus. Dia memutuskan sudah waktunya untuk menelepon bidan.

Tim persalinan tiba dan menyiapkan peralatan mereka. Senang rasanya mendapat teman ekstra, dan aku turun ke bawah untuk menaruh sepoci kopi. Segera erangan klien saya berubah menjadi dengusan pendek, dan kami semua mengantisipasi bahwa bayi akan segera lahir. Saya tetap di sisinya sepanjang waktu, mendorong usahanya dan tetap positif tentang kemajuannya. Saya menyeka dahinya dengan kain dingin, dan memberinya seteguk air.

Benar saja, pada pukul 6:52 pagi seorang bayi laki-laki yang sehat keluar ke dunia, dan disambut oleh ibu dan ayahnya yang gembira. Air mata berlinang di mataku. Saya menangis setiap kali melahirkan, tetapi biasanya hanya bersembunyi di balik kamera, mengambil foto keluarga baru.

Pada jam 9 pagi, saya dalam perjalanan pulang, dan matahari terbit dengan kekuatan penuh. Saya merasa mengantuk, tetapi ketahuilah bahwa saya tidak akan bisa tidur untuk waktu yang lama. Saya menggunakan hari itu untuk memproses kelahiran, dan menyambut putri saya pulang untuk makan malam. Untuk beberapa alasan, tidak peduli berapa lama kelahirannya, aku selalu tampak merindukannya.

“Mommy,” dia bertanya, “apakah kamu melihat bayi lahir?”

“Tentu saja, sayang.”

“Bagaimana bayi lahir, Bu?”

“Sihir, cintaku …. sihir murni dan keajaiban.”

Misty Pratt adalah doula bersertifikat DONA di Ottawa, Ontario. Dia juga seorang blogger di www.mabosway.win/, di mana dia menulis tentang kehamilan, kelahiran, dan menjadi ibu.

Apakah Anda memiliki doula yang membantu Anda saat melahirkan bayi Anda? Beri tahu kami tentang hal itu di bawah…

Lihat juga Cara Menemukan Doula Dan Biaya Pengeluarannya.