Semua Jenis Doula Yang Perlu Anda Ketahui

Semua Jenis Doula Yang Perlu Anda Ketahui

Doula biasanya didefinisikan sebagai wanita yang memberikan dukungan fisik, emosional dan informasi kepada wanita sebelum, selama dan setelah melahirkan. Tetapi apakah Anda tahu bahwa peran doula mungkin melampaui definisi ini, atau dalam beberapa kasus, perannya mungkin tidak melibatkan tenaga sama sekali? Sama seperti profesi lain, doula sering memiliki satu atau lebih “spesialisasi.” Ini adalah beberapa dari berbagai topi yang dapat dikenakan seorang doula:

Buruh / Kelahiran Doula

Ini adalah peran doula tradisional dan peran yang paling dikaitkan dengan nama. Kelahiran doula biasanya bertemu dengan seorang ibu atau pasangan beberapa kali sebelum persalinan untuk menjadi akrab satu sama lain dan belajar tentang preferensi dan tujuan ibu untuk kelahirannya. Dia siap untuk melahirkan dan bergabung dengan ibu selama persalinan atas permintaan ibu. Beberapa doula kelahiran bekerja melalui sistem rumah sakit, dan dalam hal ini ibu mungkin tidak memenuhi doula sampai dia melahirkan. Bagaimanapun, doula tetap bersama ibu dan memberikan dorongan dan dukungan terus-menerus sampai bayi lahir dan semua orang merasa nyaman dan beristirahat. Doula biasanya akan tetap berhubungan dekat pada hari-hari setelah kelahiran untuk memeriksa semua orang, dan mengunjungi setidaknya satu kunjungan rumah dalam satu atau dua minggu setelah kelahiran.

Postpartum Doula

Doula postpartum memberikan dukungan dan bantuan kepada ibu dan keluarga dalam beberapa minggu pertama setelah kelahiran bayi baru. Kadang-kadang, persalinan dan postpartum doula mungkin wanita yang sama, atau ini mungkin dua orang yang berbeda. Postpartum doula siap siaga saat kedatangan bayi semakin dekat, sehingga ia siap untuk turun tangan dan membantu segera setelah bayi lahir. Perannya dapat mencakup dukungan menyusui, dukungan emosional, atau dukungan fisik seperti persiapan makan, binatu, perawatan anak untuk anak yang lebih besar, menjalankan tugas atau mengurus rumah tangga.

Antepartum Doula

Antepartum doula melayani seorang ibu yang mengalami kehamilan berisiko tinggi atau sulit. Dia memberikan dukungan emosional dan fisik dengan tujuan menurunkan tingkat stres dan kecemasan, dan membantu ibu senyaman mungkin selama kehamilannya. Doula juga membantu mempersiapkan ibu untuk pengalaman kelahirannya dan dapat memberikan informasi berharga ketika keputusan atau masalah penting muncul. Beberapa antepartum doula juga dapat mengalami transisi untuk berfungsi sebagai doula saat persalinan dimulai.

Saudara Doula

Seorang saudara kandung sedang bertugas saat persalinan mendekat untuk memberikan perawatan anak kepada saudara kandung bayi yang lebih tua. Namun, di samping keterampilannya dalam mengasuh anak, saudara kandung doula biasanya juga seorang profesional persalinan yang berpengalaman dan membantu anak memahami persalinan dan kelahiran dengan cara yang sesuai usia, dan mempersiapkannya untuk kedatangan bayi. Saudara kandung doula biasanya akan mengadakan beberapa pertemuan dengan ibu dan anaknya sebelum persalinan sehingga mereka dapat menjadi akrab dan nyaman satu sama lain dan mendiskusikan rencana persalinan dan kelahiran. Doula kemudian dipanggil untuk datang kapan saja siang atau malam dan tinggal bersama saudara yang lebih tua sampai beberapa jam setelah kelahiran. Dia menangani semua transportasi, makan, dan perawatan yang diperlukan sementara orang tua sibuk dengan persalinan dan kelahiran. Dia mungkin juga bersedia membawa anak-anak yang lebih besar ke rumah sakit, jika orang tua menginginkannya. Dan jangan lupa untuk memerhatikan doula tersebut karena sering kali doula bersantai bermain judi online dan tidak melakukan hal lainnya. Satu doula pernah mengungkapkan pernah bermain di situs https://www.maboswinvip.com/sbobet/ dan setelah menang doula tersebut langsung meninggalkan pekerjaanya.

Dere Duka

Doula berkabung memberikan dukungan kepada ibu yang mengalami atau mengantisipasi kehilangan, seperti keguguran, lahir mati, atau diagnosis akhir selama kehamilan. Doula yang berkabung memberikan dorongan dan dukungan fisik, emosional, dan informasi sebagai mentor dan teman melalui perjalanan kehilangan. Dukungan ini dapat diberikan selama kehamilan, kelahiran, dan setelah kehilangan.

Geriatric Doula (and Beyond)

Baru-baru ini, nilai seorang pendukung dan pemberi semangat profesional telah meningkat di bidang-bidang di luar kehamilan, persalinan, dan pascapersalinan. Beberapa wanita telah mengambil langkah untuk menjadi doula untuk orang tua yang mengalami krisis kesehatan, atau hanya memiliki sedikit waktu tersisa di bumi. Doula ini mungkin menghabiskan banyak waktu untuk menemani, mengobrol, menghibur, dan memberi semangat kepada orang tersebut di hari atau jam terakhir mereka. Setiap orang memiliki waktu dalam hidup ketika “pemberi semangat panggilan” dengan pengalaman, informasi, dan pelatihan profesional khusus tentang cara membantu akan menjadi bantuan yang luar biasa.