4 Fakta Tentang Doula Yang Mungkin Mengejutkan Anda

Doulas menawarkan dukungan profesional untuk wanita selama masa subur mereka. Ada doula postpartum yang membantu keluarga baru dalam beradaptasi dengan kerasnya bayi baru lahir, serta doula tenaga kerja yang membantu ibu untuk mendapatkan jenis pengalaman kelahiran yang mereka cari. Beberapa doula menyediakan kedua layanan ini, sementara yang lain hanya melakukan satu atau yang lain.

Istilah doula berasal dari istilah Yunani yang berarti “pelayan”. Pada 1970-an itu diciptakan sebagai kata untuk dukungan profesional yang diberikan oleh petugas wanita selama kelahiran. Menggunakan doula menjadi lebih umum dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini sebagian besar wanita setidaknya pernah mendengar tentang doula dan mungkin mengenal seseorang yang telah menggunakannya. Namun, masih ada kebingungan tentang apa yang sebenarnya dilakukan seorang doula. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin Anda terkejut ketahui tentang doula:

Doula Bukan Hanya untuk Kelahiran Alami

Doula adalah bagian besar dari komunitas persalinan alami. Kebanyakan doula menganjurkan kelahiran bebas dan menyusui. Akibatnya, doula sering dikaitkan sebagai hanya tersedia untuk ibu yang mencari pengalaman kelahiran alami.

Pada kenyataannya, doula adalah untuk setiap wanita. Dukungan dan kebijaksanaan doula telah terbukti sangat bermanfaat bagi wanita dari berbagai latar belakang, termasuk mereka yang mencari sesar atau persalinan yang diinduksi secara medis. Sebenarnya banyak program doula berbasis masyarakat telah sangat berhasil dalam meningkatkan kesehatan bayi dan ibu di rumah sakit setempat, terlepas dari keseluruhan pandangan ibu tentang persalinan.

Seorang Doula Tidak Akan Mencoba Mengambil Posisi Pasangan Anda

Pasangan romantis sering kali skeptis mengenai perekrutan doula untuk perawatan persalinan atau nifas. Meskipun banyak doula bekerja melalui organisasi seperti Operasi Pengiriman Khusus, menghadiri kelahiran untuk istri militer yang terpisah dari pasangannya karena tugas aktif, mereka dapat menawarkan sejumlah besar dukungan untuk kedua pasangan. Sulit melihat orang yang Anda cintai kesakitan.

Selain itu, sementara doula umumnya menghadiri banyak kelahiran, pasangan atau pasangan wanita yang bekerja sepertinya tidak pernah berada di ruang bersalin selain dari hari mereka dilahirkan. Mereka tidak tahu apa yang diharapkan, apa yang normal, atau bagaimana membantu orang yang mereka cintai. Doulas masuk ke tahap ini dengan bimbingan dan dukungan. Mereka menunjukkan pasangan bagaimana memberikan kenyamanan kepada ibu yang sedang bersalin, dan mereka membantu mengurangi kecemasan.

Tidak semua Doula adalah “Hippies” atau Anti-Kedokteran

Beberapa orang percaya semua doula adalah hippie gila untuk menyerang komunitas medis. Seperti setiap grup, akan selalu ada anggota yang mewakili pandangan yang sangat terpolarisasi dari ekstrim kanan atau kiri.

Pada kenyataannya, mayoritas doula adalah moderat dalam pandangan mereka sendiri tentang kelahiran dan intervensi. Terlepas dari sikap pribadi mereka, doula yang baik tidak akan mencoba untuk mempengaruhi pendapat klien, pasangan mereka, atau mengganggu perawatan yang dilakukan oleh penyedia medis.

Berlawanan dengan kepercayaan umum, kebanyakan doula bekerja di lingkungan rumah sakit, dan bukan hanya pada kelahiran di rumah. Bahkan, beberapa rumah sakit membutuhkan pelatihan doula untuk perawat persalinan dan melahirkan atau menjaga doula sebagai staf untuk para ibu yang membutuhkan atau menginginkan dukungan tambahan.

Doula adalah Profesional Non-Medis

Tidak dapat diulangi dengan cukup bahwa doula bukan profesional medis. Banyak doula memiliki pengetahuan kerja yang unggul tentang intervensi medis terkait kelahiran. Mereka memahami anatomi, perawatan dasar, dan banyak kosakata. Namun, mereka tidak diharuskan menjalani pelatihan medis.

Selain itu, sebagian besar organisasi doula melarang doula berpartisipasi dalam perawatan medis seperti mengambil tekanan darah ibu, memeriksa nada janin, atau meresepkan perawatan. Melakukan prosedur-prosedur ini sama dengan melangkah keluar dari ruang lingkup praktik standar untuk seorang doula. Seorang “doula” yang melakukan layanan ini malah bertindak sebagai monitrice, asisten bidan, atau bidan. Doula memberikan dukungan dan perawatan untuk wanita yang bekerja, tetapi mereka tidak menggantikan bidan atau OB. Dan seorang doula berhak atas waktu kosong untuk bermain poker ala indonesia di https://www.betberry.win/bola-tangkas/, mereka juga perlu untuk menghilangkan rasa bosan juga.